[NEW] Resep : Sup Rumput Laut


Aku paling suka memesan menu Sup Rumput Laut di restoran Ta Wan, namun kali ini aku mencoba untuk membuatnya sendiri. Ternyata, mudah sekali! Cukup memiliki bahan rumput laut kering dan daging cincang saja, kemudian diolah di dapur, dan voila! Yang aku masak ini hasilnya mirip seperti yang biasa aku makan di restoran, hanya saja biasanya di restoran menggunakan daging sapi cincang, sedangkan pada masakan ini aku menggunakan daging babi cincang, hehe.. But anyway, itu kembali pada preferensi masing-masing, asalkan basic-nya sama, hasilnya pun sama.. 🙂

Rumput Laut Kering

Rumput laut memang terkenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan fungsi otak, dapat membantu dalam pencucian darah, memperhalus kulit dan banyak lagi khasiat lainnya. Itulah mengapa Sup Rumput Laut menjadi salah satu makanan yang populer oleh banyak orang di Korea dan kini digemari oleh banyak orang. Tertarik untuk mencoba masakan lezat nan sehat ini? Yuk ikuti langkah-langkahnya! Resep ini bisa dinikmati untuk 3-4 orang.

Sup Rumput Laut by Mullie-1

Cara Memasak : 

  1. Ambil sedikit rumput laut kering dan rendam dalam air biasa selama 10 menit. Bila rumput laut sudah terurai (mekar), angkat, tiriskan dan potong-potong menjadi bagian kecil agar mudah dimakan. Sisihkan dalam wadah terpisah.
  2. Tumis 2sdt minyak wijen + 5 sdm daging babi cincang (bisa diganti dengan daging sapi cincang) + 1/2 sdt kecap asin + garam secukupnya.
  3. Tambahkan rumput laut yang sudah diiris menjadi bagian kecil (#1) + 1 sdt kecap asin ==> aduk rata kurang lebih 1 menit.
  4. Tambahkan 600ml air ke dalam panci lalu didihkan.
  5. Tambahkan 2 siung bawang putih cincang, rebus semua kurang lebih 10-15 menit.
  6. Cicip kuahnya apabila kurang asin, bisa sesuaikan sendiri dengan menambahkan garam dan kecap asin sesuai selera.
  7. Siap sajikan dan nikmati selagi masih hangat.
  8. Beri taburan daun bawang di atas sup saat disajikan agar lebih manis dan harum masakannya.
  9. Selamat menikmati!

Cheers,

Mullie Marlina

Advertisements

About Myfunfoodiary

Mullie Marlina is a founder of Myfunfoodiary. A Food, Travel & Lifestyle Blogger. A blessed wife where she works together with her husband; Andy Pau. She loves to eat, has a big interest in Gadget, loves Dogs and Rabbits so much, loves​ to make an itinerary for her trip & take pictures. Feel free to drop a comment or email to: admin@myfunfoodiary.com ^_^

Posted on January 9, 2014, in Chicken, Daily Life, Foodie + Culinary, Recipes + My Cooking Creations and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Hi Mul,
    Sharing juga ya. Kalo aku biasanya beli rumput laut nya yg udah kecil2 potongannya. Bentuknya kering seperti punyamu, tp gak perlu dipotong lagi. Lgsg masak sepanci kaldu ikan (aku pake hondashi, kaldu ikan Jepang) lalu pake rumput laut itu (gak perlu rendam) dan tidak pakai daging. Sisanya seasoning aja sesuai selera.
    Bagi yg vegetarian, resepku ini cocok krn tinggal ganti kaldu ikan ke kaldu sayur saja.

    Mudah2an bermanfaat bagi temen2 yg baca.

    H

    • Thank you Hen sharingnya.. 🙂
      aku susah cari rumput laut kering yg cocok, di supermarket bnyk tapi ga dibeli takut salah..

      Yg ini aku belinya di Lottemart Kuningan City. Miso aku beli di Ranch Market Lotte Shopping Avenue pas ketemunya disana.

      Btw, yg kamu biasa pakai merek apa dan belinya dimana?

  2. Hi kak,thanks resepnya.
    Mau nanya misalnya kalo pake nori gak bisa ya ? Soalnya lagi banyak nori nganggur dirumah :v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: