Category Archives: Fish

Resep : Ikan Dori Telur Asin

Hampir setiap kali ke resto2 chinese food, klo nemu salah satu menu ada yg dimasak dgn Telur Asin, aku biasanya lgsg pesan utk cobain hehehe.. Kbnykan restoran sih punya menu Udang Goreng Telur Asin, tp mggu lalu wktu ke Ta-Wan Restaurant, aku ketemu ada menu yang gak biasa, yaitu Ikan Dori Telur Asin. Otomatis lgsg pesen deh dsana, ternyata enak banget. Daging ikan Dorinya lembut, lapisan tepung crunchy dan dimasak dgn Telur Asin ini asli enaaaak banget! Jadi penasaran pengen cobain masak sendiri.. 🙂

Aku emang uda sering banget di rumah suka masak dgn Ikan Dori, kebanyakan di Steam ala Hongkong, digoreng dgn dipping Saus Mayonaise, dimasak Asam Manis, tapi belum pernah masak dgn Telur Asin. Sampai akhirnya rasa penasaran itu terjawabkan. Kamis kmrn,  tanggal 22 Maret 2012 aku sukses masak menu yg sama dgn yg aku makan di Ta-Wan. Asliii enak banget, ketagihan sekali makan gak bisa berenti. Yummy! (ˆڡˆ)

Pssst, ternyata gampang banget masaknya! Buat yang penasaran juga, yuk intip resepnya dsini.:)

Disini aku pakai 2 fillet ikan Dori, bisa untuk 2-3 orang. Cocok dimakan dengan nasi putih, atau sebagai camilan. Bahan Ikan Dori bisa juga diganti dengan Udang Jerbung yg ukuran sedang-besar.

Cara Masak :

1. Siapin ikan dori fillet dan kemudian potong2 menjadi beberapa bagian, ukuran sesuai selera. Cuci bersih dulu, peres ikan jangan sampai ada banyak air di badan ikannya. Kasih taburan garam kira2 1/2 sdt & merica secukupnya. Aduk rata semua & biarin kurang lebih 15 menit.

2. Kalo sudah, taburin ikan tadi dgn tepung terigu sampai ikan tertutup tepung rata.

3. Goreng di minyak panas sampai ikan garing dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat & sisihkan.

4. Tumis 2 siung bawang putih cincang + 1/4 jahe cincang sampe wangi.

5. Masukin kuning telur asin saja yang sudah dihancurin (sblmnya telur asin harus direbus dulu sampai matang!)

6. +kan 1-2 sdt kaldu bubuk maggi/kaldu bubuk ayam, campur semua aduk rata.

7. Masukin potongan2 ikan yg sudah digoreng tadi, aduk cepat semua sampai ikan terbalut telur asin.

8. Angkat & sajikan hangat.

Selamat menikmati.

Tips :

  • Gunakan telur asin dgn kuning telur yang bagus supaya kuning telur lembut dan berminyak bagus untuk masakan.
  • 1 Kuning Telur Asin untuk 1 fillet Ikan Dori. Jadi kalau pakenya 2 fillet, gunakan 2 kuning telur asin, dst..

Cheers,

Mullie Marlina

Resep : Dorry Fish Steam ala HK sauce

Penyuka masakan Ikan, resep yang satu ini bisa jadi pilihan. Ikan yang digunakan bisa bervariasi, tergantung selera kamu. Untuk aku, lebih suka menggunakan ikan Dorry krn tekstur daging ikan Dori yang lembut. Ikan yang di-tim dengan bumbu2 jadi harum aromanya, yuk dicoba.. Resep ini bisa untuk 3-4 orang. Selamat mencoba! 🙂

Cara Memasak :

1. Cuci bersih ikan utuh luar dalam dengan air dingin, keringkan dgn kertas tissue dapur. Iris badan ikan bentuk X di masing2 sisi badan ikan (hati2, jangan potong terlalu dalam). Sebagai alternatif yg lebih mudah, bisa juga menggunakan ikan fillet yang sudah siap pakai (dijual di supermarket)

2. Hancur kasar 1/2 sdm tausi hitam, campur dengan 1/2 sdt gula pasir di dalam mangkok kecil.  Jika sudah rata, tambahkan lagi 1 sdm tausi hitam ke dalam campuran tadi.

3. Siapkan jahe iris sekitar 2 sdm dan 4 siung bawang putih cincang.  Taruh sebagian ke dalam badan ikan.

4. Balurkan campuran #2 tadi ke seluruh badan ikan, di kedua sisi badan ikan. Balurkan juga sisa irisan jahe dan bawang putih di luar badan ikan, kemudian letakkan di wajan tahan panas untuk di-steam kemudian.

5. Tutup ikan dengan clear film (plastic wrap) dan diamkan selama 30 menit agar bumbu2 meresap ke dalam daging ikan.

6. Jika sudah, buka plastiknya, tuangkan 2 sdm angciu dan 1 sdm kecap manis ke atas badan ikan, kemudian steam selama 15-20 menit atau sampai dengan ikan matang.

7. Jika sudah matang, tuangkan lagi 1 sdm kecap manis dan 2 sdt minyak wijen ke atas badan ikan. Beri taburan daun bawang di atasnya. Sajikan selagi panas. Selamat mencoba! 🙂

Resep : Fillet Ikan Dorry Saus Asam Manis

Buat pecinta ikan, pasti bakalan suka banget sama resep ikan yang satu ini. Ikan Dorry lembut sekali dagingnya. Papa-ku yang dr dulu gak mau makan ikan, malah ketagihan pas cobain masakan dorry. Sekarang dia sudah bisa makan ikan, meskipun masih terbatas di menu Gurame Goreng dan Dorry Fillet ini.. Senang juga, papaku jd ada sedikit kemajuan soal makanan hihi.. Mom in law & hubby pun suka banget sama ikan dorry ini, ludeeess gak bersisa deh kalo masak ini.. Bukan cuma kita2 yang dewasa, tapi anak2 kecilpun pasti suka sama masakan ini.. Teman2 Yuks, dicobaaa… 🙂

Cara membuat :

1. 250gr fillet dilumuri dengan air jeruk nipis/lemon, ratakan lalu cuci bersih.

2. Dori tsb kemudian dipotong2 sesuai ukuran yang diinginkan.

3. Tambahkan garam & merica secukupnya, ratakan, biarkan 5 menit.

4. Lumuri potongan daging ikan ke dalam tepung sagu tani sampai rata.

5. Goreng dalam minyak panas sampai kekuningan dan garing.

Untuk saus asam manis :

1. Tumis 4 siung bwg putih + 1 bawang bombay

2. Tambahkan 2 cabe merah + 5 cabe rawit, aduk sampai layu

3. Tambahkan 2 cm jahe + wortel kupas bentuk korek api (rebus terlebih dahulu)

4. Tambahkan 1 btg daun bawang potong serong2 + 6 sdm saus tomat

5. Tambahkan 1/2 sdt garam + 1/2 sdt merica + 1/2 sdt gula pasir

6. Tambahkan 100ml air + 1 sdt tepung maizena yg sdh dilarutkan dengan 1 sdm air