Blog Archives

Resep : Ayam Tuturuga (khas Menado)

Supaya ga bosan masak masakan ayam yg itu2 lagi, kali ini aku cobain resep baru, masakan ayam khas Menado punya hehehe.. Cara masaknya gampang, prosesnya lumayan cepet dan hasilnya uenaaaak bngt! Apalagi buat kamu yg doyan pedes banget, kudu tambahin kadar cabe-nya biar makin mantap pedasnya! Resep ini bisa untuk 4 porsi, yuk kita intip bareng2.. πŸ™‚

Cara Memasak :

1. Siapin ayam 1 ekor yang sudah dipotong2 jd 4 bagian atau 8 bagian kecil.

2. Aduk rata potongan ayam tadi dgn 2 sdm air jeruk nipis & 1 sdt garam. Diamkan dulu selama +/- 15 menit.

3. Siapin bumbu halus antara lain : cabe merah besar & cabe rawit merah (jumlah terserah, semakin bnyk semakin pedes), 5 siung bawang putih, 10 butir bawang merah, 2 cm jahe, 2 cm kunyit bakar, 7 butir kemiri sangrai dan 1 sdt garam ===> tumbuk sampai halus.

4. Kalau sudah, tumis bumbu halus dan +kan daun pandan 3 lembar sobek kasar + 4 batang kucai potong2 panjang + 5 lembar daun jeruk + 3 batang serai (ambil putihnya aja) digeprak dlu ===> tumis sampai wangi.

5. Tambahin ayam, aduk rata semuanya. Lalu +kan air 750ml, tutup wajan & masak sampai ayam empuk dan kuah jd kental.

6. Tambahin 2 butir telur kocok, aduk2 sampai telur berserabut. Masak semua sampai matang banget, kemudian sajikan.

7. Selamat menikmati.. πŸ™‚

Cheers,

Mullie Marlina

Source : Kumpulan resep tabloid Femina

Resep : Ayam Mao-Shu

Banyak lho yg bisa kita kreasikan dari daging ayam fillet, termasuk resep yg satu ini. Bahan2 yg digunakan simple dan cara masaknya pun gak susah, tapi hasilnya maknyooos! Resep ini bisa untuk sekitar 3-4 orang. Perlu apa saja utk persiapan? Yuk diintip! πŸ™‚

Cara Masak :

  1. Campur rata daging ayam fillet yg sudah dipotong2 iris memanjang (atau sesuai selera kamu) dgn 1 sdt kecap asin + lada bubuk secukupnya (jgn terlalu bnyk)
  2. Siapin 2 telur kocok, lalu dadar dan iris memanjang —> pisahkan.
  3. Tumis 3 siung bwg putih cincang + 2 cm jahe cincang sampai harum.
  4. Tambahin daun bawang + ayam tadi yg sudah dibumbuin (#1) + 1/2 sdm kecap asin + 1 sdm saus tiram + 1/2 sdt kaldu ayam + jamur yg sudah diiris memanjang (bisa gunakan jamur shitake atau jamur kuping) + air sekitar 125cc + lada bubuk secukupnya . Aduk rata sampai agak kering airnya.
  5. Tambahin wortel yg sudah diiris memanjang seperti bentuk korek api atau bisa juga parut wortelnya, jumlah sesuai selera.
  6. Tambahin telur dadar yg sudah diiris memanjang (#2) + tuang 1/2 sdt minyak wijen. Aduk rata.
  7. Kalau suka, kamu jg bisa +in potongan paprika hijau iris memanjang, aduk rata sampai masak.
  8. Sajikan selagi hangat. Selamat menikmati! πŸ™‚

Cheers,

Mullie Marlina

Resep : Ayam Goreng Mayonnaise Pedas

Ini dia varian masakan ayam lainnya yg ternyata juga simple cara masaknya, tp hasilnya uenaaak tenan! Ludes semua deh digadoin sama nasi & lauk lainnya. Resep ini bisa untuk 2-3 orang, yuk diintip! πŸ™‚

Cara Masak :

1. Ayam yg sudah dipotong kecil2 (+/- 16 pieces) campur ke dalam adonan 2 telur kocok + 1 sdt garam + 2 sdm maizena + 2 sdm terigu. Diamkan selama 30 menit.

2. Goreng ayam sampai matang & kecoklatan, angkat & sisihkan.

3. Sajikan dengan saus mayonaisse pedas di atasnya.

Adonan Saus Mayonaise Pedas sbb:

1. Campur 3 sdm mayonnaise + 1 sdm thousand island + 1 sdm saus tomat + 2 sdm saus cabe botolan + 1 sdm saus pedas manis thailand yang bagus + 1 sdt gula pasir

2. Aduk rata + tambahkan sedikit air agar adonan mayo tidak terlalu kental.

Resep : Ayam Lada Hitam (Blackpepper Chicken)

Ini dia salah satu masakan favorit dan andalanku, betul2 uenaaak!! Mangkanya aku sering banget masak resep ini hohoho.. Temen2 yang sudah mampir, cobain yuk! πŸ™‚

1. Tumis 1 buah bawang bombay + 2 siung bawang putih

2. Tambahkan 1 ekor ayam (potong dulu jadi 20 bagian atau sesuai selera, dan bisa juga direbus dulu sampai matang) aduk sampai berubah warna

3. Tambahkan 1 sdm maggi seasoning + 1sdm kecap manis + 1sdm madu + 1sdt merica hitam tumbuk kasar + 2 blok maggi kaldu ayam (larutkan dlm 300ml air)

4. Aduk rata semuanya, masak sampai dengan ayam matang dan kuah kaldu tadi kental.

Note :

Pedas merica hitam bisa disesuaikan dengan selera, jgn tuang terlalu banyak, sebaiknya tuang sedikit2 kemudian dicoba lagi, supaya tidak terlalu pedas nantinya. Untuk gurih rasa bisa juga kamu sesuaikan takaran maggi seasoning dan kecap manisnya. Selamat mencoba.. πŸ™‚

Manis Pedas Ayam Bakar Mas Mono

Karena kemarin malam tidak masak, jadinya kami memutuskan untuk makan di luar di satu tempat makan yang dekat rumah, namanya Ayam Bakar Mas Mono. Dekornya minimalis dgn lampu terang dan meja yang minimalis juga. Terlihat juga ada bbrp poster besar ttg sejarah Ayam Bakar Mas Mono ini terlihat di salah satu tembok sisi kanan. Juga ada pajangan foto2 beberapa artis yang sudah pernah makan disini.. Ckck, ternyata bnyk lho artis2 yang sudah pnh kesini.. Dan ternyata sejarahnya Mas Mono mulai usaha dari gerobakan di Tebet, dan akhirnya maju berkembang sampai skrg ini.. Keren!

Menu yang ditawarkan gak terlalu banyak variasi, hanya tersedia sekitar 5 macam menu saja, antara lain Ayam Bakar per pcs (IDR 10K), Ayam Bakar 1 ekor (IDR 42K), Tempe/Tahu Bacem, Cah Kangkung dan aneka kerupuk. Dari namanya saja sudah menunjukkan menu khas mereka Ayam Bakarnya, so no wonder di sini gak ada menu Ayam Gorengnya haha.. Akhirnya kami pun coba pesan Ayam Bakar per pcs, dengan 2 pilihan rasa, bisa pilih yang pedas atau yang manis. Krn terkenal dengan yang rasa manisnya jadi kami semua pesan yang manis.

Pas datang, ayam bakar disajikan dengan sayur lalapan dan sambal cobek. Penyuka sambal pasti suka dengan sambal ini. Untuk ukuran ayamnya sendiri terbilang kecil, tapi soal rasa sih beneran enak lho.. Mom suka banget dan bilang kalau dia pasti bakal datang balik lagi makan disini hihi… Sedangkan untuk Tempe Bacemnya, ini lebih enak dibandingkan dgn Tahu Bacemnya.. Overall, it’s a good experience.. Sbg penutup, kami pesan juga Es Teler-nya sebagai dessert. Enak juga..

Overall, makan kenyang, Ayam Bakarnya uenak, cuma 10rb-an, tempat bersih + berAC, eh ternyata ada free Wifi pula, keren yaa..! Sayangnya aku baru ngeh pas uda selesai makan, haha.. Menurut info dari pelayannya, yang menyediakan Wifi baru 2 tempat saja, 1 yang di pesanggrahan dan 1 lagi di Cipete. So guys, ada yang mau coba..? πŸ™‚

Resep : Tulip Chicken Oriental Sauce

Ayam favoritku. Agak sedikit ribet karena harus menggunakan oven selama +/- 30 menit, tapi hasilnya mantaaf..!! Ludes semua deh gak bersisa haha.. Aroma bawang terasa wangi banget apalagi waktu makan, daging ayam pun rasanya gurih bgt, paduan saus hoisin dan cabe pedas manisnya bikin ketagihan.. Selamat mencoba.. πŸ™‚

Cara membuat:

  • 10 potong daging ayam (bisa tulip/sayap ayam/potongan kecil daging ayam) diaduk rata dgn air jeruk lemon 2sdm. Biarin +/- 15 menit.
  • Setelah itu, campurkan bumbu2 ke dalam wadah isi ayam tadi. 2 siung bwg putih cincang + 2 btr bwg merah cincang + 2 sdm saus hoisin + 2 sdm saus cabe botolan, + 1/2 sdt merica bubuk + 1/2 sdt cabe merah bubuk + 1 sdt garam. Aduk rata.
  • Taruh daging ayam diΒ  atas mangkuk atau wadah tahan panas.
  • Panggang dalam oven panas selama 30 menit (tergantung oven masing2, jika 30 mnt belum matang, silahkan tmbh lagi wktunya disesuaikan sendiri)

Notes : Agar daging ayam tdk menempel dgn wadah panas, bisa juga oleskan margarin ke atas wadah panas tsb sebelum ayam dipanaskan dlm oven.

Source resep : detikfood