Category Archives: Chicken

[NEW] Resep : Sup Rumput Laut

Aku paling suka memesan menu Sup Rumput Laut di restoran Ta Wan, namun kali ini aku mencoba untuk membuatnya sendiri. Ternyata, mudah sekali! Cukup memiliki bahan rumput laut kering dan daging cincang saja, kemudian diolah di dapur, dan voila! Yang aku masak ini hasilnya mirip seperti yang biasa aku makan di restoran, hanya saja biasanya di restoran menggunakan daging sapi cincang, sedangkan pada masakan ini aku menggunakan daging babi cincang, hehe.. But anyway, itu kembali pada preferensi masing-masing, asalkan basic-nya sama, hasilnya pun sama.. 🙂

Rumput Laut Kering

Rumput laut memang terkenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan fungsi otak, dapat membantu dalam pencucian darah, memperhalus kulit dan banyak lagi khasiat lainnya. Itulah mengapa Sup Rumput Laut menjadi salah satu makanan yang populer oleh banyak orang di Korea dan kini digemari oleh banyak orang. Tertarik untuk mencoba masakan lezat nan sehat ini? Yuk ikuti langkah-langkahnya! Resep ini bisa dinikmati untuk 3-4 orang.

Sup Rumput Laut by Mullie-1

Cara Memasak : 

  1. Ambil sedikit rumput laut kering dan rendam dalam air biasa selama 10 menit. Bila rumput laut sudah terurai (mekar), angkat, tiriskan dan potong-potong menjadi bagian kecil agar mudah dimakan. Sisihkan dalam wadah terpisah.
  2. Tumis 2sdt minyak wijen + 5 sdm daging babi cincang (bisa diganti dengan daging sapi cincang) + 1/2 sdt kecap asin + garam secukupnya.
  3. Tambahkan rumput laut yang sudah diiris menjadi bagian kecil (#1) + 1 sdt kecap asin ==> aduk rata kurang lebih 1 menit.
  4. Tambahkan 600ml air ke dalam panci lalu didihkan.
  5. Tambahkan 2 siung bawang putih cincang, rebus semua kurang lebih 10-15 menit.
  6. Cicip kuahnya apabila kurang asin, bisa sesuaikan sendiri dengan menambahkan garam dan kecap asin sesuai selera.
  7. Siap sajikan dan nikmati selagi masih hangat.
  8. Beri taburan daun bawang di atas sup saat disajikan agar lebih manis dan harum masakannya.
  9. Selamat menikmati!

Cheers,

Mullie Marlina

Advertisements

Resep : Spicy Chicken Finger Lickin’ Good

Entah kenapa kali ini aku pengen masak2an yang pedas sekali2, biar beda dari yang biasanya. Dan kali ini aku menggunakan ayam 1 ekor yg kemudian aku bagi jd bagian2 kecil supaya nanti makannya gak susah. Kalau mau lebih enak lg, bisa juga khusus menggunakan sayap2 ayam saja.

Pastinya resep ini mantap bgt, soalnya Mom in Law dan hubby yang pada makan sampe kepedesan, dan bumbu2 yang melekat di jari2 tangan pun sampai bersih semua. Really It’s finger licking good, try it!Mom bahkan bilang ini ayam yang aku masak, sudah mirip betul seperti OMO! Chicken yang biasa suka kita makan di dalam mall Central Park itu. Hohohoho… Hasilnya? Ayam ini ludes tak bersisa, maknyoooos!!!!

Super Spicy Chicken Wings

Cara Masak :

  1. Siapkan 1 ekor ayam bagi jadi bagian2 kecil, bisa 12 potong kecil atau sesuai selera. Cuci bersih.
  2. Tusuk2 daging ayam dengan garpu lalu rebus dalam air mendidih
  3. Tambahkan perasan air jeruk nipis + 3 sdt garam ke dalam rebusan air, masak sampai daging ayam empuk
  4. Siapkan campuran bumbu : 3 sdm saus BBQ + 4 sdm cabe botolan + 3 sdm saus pedas manis + 1 sdm kecap manis + 2 sdm madu + 2 sdm saus tomat + garam 1 sdt + lada bubuk secukupnya
  5. Jika sudah empuk daging ayam, angkat dan tiriskan.
  6. Masukkan daging ayam ke dalam campuran bumbu, aduk rata dan diamkan 10-20 menit.
  7. Tumis bawang bombay, lalu masukkan daging ayam yang sudah direndam bumbu dalam wadah tahan panas, panggang dlm oven panas 180C selama 30 menit (bolak balik sekali2) atau
  8. Bisa juga gunakan Happy Call untuk memanggang, api besar dan bolak balik sesekali, sampai daging ayam setengah kering..
  9. Sajikan jika sudah matang betul.

Nah, sudah jadi deh.. Selamat menikmati! Tadi semua makan ini sampai kepedesan hidung beler hahahaha… dan ludes semua gak bersisa! 😀

Cheers,

Mullie Marlina

Resep : Ayam Tuturuga (khas Menado)

Supaya ga bosan masak masakan ayam yg itu2 lagi, kali ini aku cobain resep baru, masakan ayam khas Menado punya hehehe.. Cara masaknya gampang, prosesnya lumayan cepet dan hasilnya uenaaaak bngt! Apalagi buat kamu yg doyan pedes banget, kudu tambahin kadar cabe-nya biar makin mantap pedasnya! Resep ini bisa untuk 4 porsi, yuk kita intip bareng2.. 🙂

Cara Memasak :

1. Siapin ayam 1 ekor yang sudah dipotong2 jd 4 bagian atau 8 bagian kecil.

2. Aduk rata potongan ayam tadi dgn 2 sdm air jeruk nipis & 1 sdt garam. Diamkan dulu selama +/- 15 menit.

3. Siapin bumbu halus antara lain : cabe merah besar & cabe rawit merah (jumlah terserah, semakin bnyk semakin pedes), 5 siung bawang putih, 10 butir bawang merah, 2 cm jahe, 2 cm kunyit bakar, 7 butir kemiri sangrai dan 1 sdt garam ===> tumbuk sampai halus.

4. Kalau sudah, tumis bumbu halus dan +kan daun pandan 3 lembar sobek kasar + 4 batang kucai potong2 panjang + 5 lembar daun jeruk + 3 batang serai (ambil putihnya aja) digeprak dlu ===> tumis sampai wangi.

5. Tambahin ayam, aduk rata semuanya. Lalu +kan air 750ml, tutup wajan & masak sampai ayam empuk dan kuah jd kental.

6. Tambahin 2 butir telur kocok, aduk2 sampai telur berserabut. Masak semua sampai matang banget, kemudian sajikan.

7. Selamat menikmati.. 🙂

Cheers,

Mullie Marlina

Source : Kumpulan resep tabloid Femina

Resep : Ayam Goreng Bumbu

Paling girang deh kalo dpt resep baru, langsung pengen cobain! Seperti resep yg satu ini, boleh dpt dari saudaraku wktu kita lagi kunjungan ke rumahnya pas Sincia kemarin. Ayam goreng ini sederhana sekali cara masaknya, dan hasilnya enaaak banget! Sekali makan sampe gak bisa berenti, malah jadi ngegadoin mkn ayam gorengnya aja hihihi.. 🙂

Cara Masak :

1. Ayam 1 ekor terlebih dahulu dipotong kecil2 sesuai selera.

2. Campur dengan 1 buah bawang putih cincang + ketumbar bubuk +/- 3 sdm (atau lebih, sesuai selera) + garam 2-3 sdt + gula pasir 2-3 sdm + kecap asin medan yg merek Angsa itu, secukupnya aja (jgn kebnykan nanti malah keasinan!) + kecap manis sedikit +/- 1 sdm

3. Aduk rata semuanya dan rendam sekitar 30 menit sampai 1 jam biar lebih meresap bumbu2nya.

4. Kalau sudah, masukin telur 1 butir, dan tepung terigu seadanya (sesuai selera). Aduk rata semuanya.

  • Tips : Penggunaan tepung terigu sesuai selera. Kalau mau tebel hasil akhir kulit tepungnya, tinggal dibanyakin aja tepung terigunya dalam adonan sebelum menggoreng.

5. Goreng dalam minyak banyak yg sudah panas.

Selamat menikmati!

Cheers,

Mullie Marlina

Resep : Ayam Mao-Shu

Banyak lho yg bisa kita kreasikan dari daging ayam fillet, termasuk resep yg satu ini. Bahan2 yg digunakan simple dan cara masaknya pun gak susah, tapi hasilnya maknyooos! Resep ini bisa untuk sekitar 3-4 orang. Perlu apa saja utk persiapan? Yuk diintip! 🙂

Cara Masak :

  1. Campur rata daging ayam fillet yg sudah dipotong2 iris memanjang (atau sesuai selera kamu) dgn 1 sdt kecap asin + lada bubuk secukupnya (jgn terlalu bnyk)
  2. Siapin 2 telur kocok, lalu dadar dan iris memanjang —> pisahkan.
  3. Tumis 3 siung bwg putih cincang + 2 cm jahe cincang sampai harum.
  4. Tambahin daun bawang + ayam tadi yg sudah dibumbuin (#1) + 1/2 sdm kecap asin + 1 sdm saus tiram + 1/2 sdt kaldu ayam + jamur yg sudah diiris memanjang (bisa gunakan jamur shitake atau jamur kuping) + air sekitar 125cc + lada bubuk secukupnya . Aduk rata sampai agak kering airnya.
  5. Tambahin wortel yg sudah diiris memanjang seperti bentuk korek api atau bisa juga parut wortelnya, jumlah sesuai selera.
  6. Tambahin telur dadar yg sudah diiris memanjang (#2) + tuang 1/2 sdt minyak wijen. Aduk rata.
  7. Kalau suka, kamu jg bisa +in potongan paprika hijau iris memanjang, aduk rata sampai masak.
  8. Sajikan selagi hangat. Selamat menikmati! 🙂

Cheers,

Mullie Marlina

Resep : Ayam Goreng Mayonnaise Pedas

Ini dia varian masakan ayam lainnya yg ternyata juga simple cara masaknya, tp hasilnya uenaaak tenan! Ludes semua deh digadoin sama nasi & lauk lainnya. Resep ini bisa untuk 2-3 orang, yuk diintip! 🙂

Cara Masak :

1. Ayam yg sudah dipotong kecil2 (+/- 16 pieces) campur ke dalam adonan 2 telur kocok + 1 sdt garam + 2 sdm maizena + 2 sdm terigu. Diamkan selama 30 menit.

2. Goreng ayam sampai matang & kecoklatan, angkat & sisihkan.

3. Sajikan dengan saus mayonaisse pedas di atasnya.

Adonan Saus Mayonaise Pedas sbb:

1. Campur 3 sdm mayonnaise + 1 sdm thousand island + 1 sdm saus tomat + 2 sdm saus cabe botolan + 1 sdm saus pedas manis thailand yang bagus + 1 sdt gula pasir

2. Aduk rata + tambahkan sedikit air agar adonan mayo tidak terlalu kental.