Resep : Ikan Dori Telur Asin


Hampir setiap kali ke resto2 chinese food, klo nemu salah satu menu ada yg dimasak dgn Telur Asin, aku biasanya lgsg pesan utk cobain hehehe.. Kbnykan restoran sih punya menu Udang Goreng Telur Asin, tp mggu lalu wktu ke Ta-Wan Restaurant, aku ketemu ada menu yang gak biasa, yaitu Ikan Dori Telur Asin. Otomatis lgsg pesen deh dsana, ternyata enak banget. Daging ikan Dorinya lembut, lapisan tepung crunchy dan dimasak dgn Telur Asin ini asli enaaaak banget! Jadi penasaran pengen cobain masak sendiri.. 🙂

Aku emang uda sering banget di rumah suka masak dgn Ikan Dori, kebanyakan di Steam ala Hongkong, digoreng dgn dipping Saus Mayonaise, dimasak Asam Manis, tapi belum pernah masak dgn Telur Asin. Sampai akhirnya rasa penasaran itu terjawabkan. Kamis kmrn,  tanggal 22 Maret 2012 aku sukses masak menu yg sama dgn yg aku makan di Ta-Wan. Asliii enak banget, ketagihan sekali makan gak bisa berenti. Yummy! (ˆڡˆ)

Pssst, ternyata gampang banget masaknya! Buat yang penasaran juga, yuk intip resepnya dsini.:)

Disini aku pakai 2 fillet ikan Dori, bisa untuk 2-3 orang. Cocok dimakan dengan nasi putih, atau sebagai camilan. Bahan Ikan Dori bisa juga diganti dengan Udang Jerbung yg ukuran sedang-besar.

Cara Masak :

1. Siapin ikan dori fillet dan kemudian potong2 menjadi beberapa bagian, ukuran sesuai selera. Cuci bersih dulu, peres ikan jangan sampai ada banyak air di badan ikannya. Kasih taburan garam kira2 1/2 sdt & merica secukupnya. Aduk rata semua & biarin kurang lebih 15 menit.

2. Kalo sudah, taburin ikan tadi dgn tepung terigu sampai ikan tertutup tepung rata.

3. Goreng di minyak panas sampai ikan garing dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat & sisihkan.

4. Tumis 2 siung bawang putih cincang + 1/4 jahe cincang sampe wangi.

5. Masukin kuning telur asin saja yang sudah dihancurin (sblmnya telur asin harus direbus dulu sampai matang!)

6. +kan 1-2 sdt kaldu bubuk maggi/kaldu bubuk ayam, campur semua aduk rata.

7. Masukin potongan2 ikan yg sudah digoreng tadi, aduk cepat semua sampai ikan terbalut telur asin.

8. Angkat & sajikan hangat.

Selamat menikmati.

Tips :

  • Gunakan telur asin dgn kuning telur yang bagus supaya kuning telur lembut dan berminyak bagus untuk masakan.
  • 1 Kuning Telur Asin untuk 1 fillet Ikan Dori. Jadi kalau pakenya 2 fillet, gunakan 2 kuning telur asin, dst..

Cheers,

Mullie Marlina

Advertisements

About Myfunfoodiary

Mullie Marlina is a founder of Myfunfoodiary. A Food, Travel & Lifestyle Blogger. A blessed wife where she works together with her husband; Andy Pau. She loves to eat, has a big interest in Gadget, loves Dogs and Rabbits so much, loves​ to make an itinerary for her trip & take pictures. Feel free to drop a comment or email to: admin@myfunfoodiary.com ^_^

Posted on March 24, 2012, in Fish, Recipes + My Cooking Creations and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. Mul, kayaknya waktu dulu aku makan di Ta-Wan (Secara ini menu favoritku disana) ada potongan putih telur asin nya di potong kecil2 terus ditaburin di atas masakannya, bener gak? kalo gak mubajir ya putih telurnya…..

    • Betul ci hen, mrk ada kasih potongan putih telur asinnya tuh tp kmrn aku gak pake, telur yg putihnya aku buang hehe.. Cici kalo mau pake gpp ci, boleh aja. 🙂

  2. info yang sangat bermanfaat, terimakasih atas info nya

  3. info yg pas bgt….kmarin abis makan menu ini di ta-wan terus penasaran gimana resepnya, berujung sampai di blog ini. thx!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: