Monthly Archives: March 2012

Resep : Ikan Dori Telur Asin

Hampir setiap kali ke resto2 chinese food, klo nemu salah satu menu ada yg dimasak dgn Telur Asin, aku biasanya lgsg pesan utk cobain hehehe.. Kbnykan restoran sih punya menu Udang Goreng Telur Asin, tp mggu lalu wktu ke Ta-Wan Restaurant, aku ketemu ada menu yang gak biasa, yaitu Ikan Dori Telur Asin. Otomatis lgsg pesen deh dsana, ternyata enak banget. Daging ikan Dorinya lembut, lapisan tepung crunchy dan dimasak dgn Telur Asin ini asli enaaaak banget! Jadi penasaran pengen cobain masak sendiri.. 🙂

Aku emang uda sering banget di rumah suka masak dgn Ikan Dori, kebanyakan di Steam ala Hongkong, digoreng dgn dipping Saus Mayonaise, dimasak Asam Manis, tapi belum pernah masak dgn Telur Asin. Sampai akhirnya rasa penasaran itu terjawabkan. Kamis kmrn,  tanggal 22 Maret 2012 aku sukses masak menu yg sama dgn yg aku makan di Ta-Wan. Asliii enak banget, ketagihan sekali makan gak bisa berenti. Yummy! (ˆڡˆ)

Pssst, ternyata gampang banget masaknya! Buat yang penasaran juga, yuk intip resepnya dsini.:)

Disini aku pakai 2 fillet ikan Dori, bisa untuk 2-3 orang. Cocok dimakan dengan nasi putih, atau sebagai camilan. Bahan Ikan Dori bisa juga diganti dengan Udang Jerbung yg ukuran sedang-besar.

Cara Masak :

1. Siapin ikan dori fillet dan kemudian potong2 menjadi beberapa bagian, ukuran sesuai selera. Cuci bersih dulu, peres ikan jangan sampai ada banyak air di badan ikannya. Kasih taburan garam kira2 1/2 sdt & merica secukupnya. Aduk rata semua & biarin kurang lebih 15 menit.

2. Kalo sudah, taburin ikan tadi dgn tepung terigu sampai ikan tertutup tepung rata.

3. Goreng di minyak panas sampai ikan garing dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat & sisihkan.

4. Tumis 2 siung bawang putih cincang + 1/4 jahe cincang sampe wangi.

5. Masukin kuning telur asin saja yang sudah dihancurin (sblmnya telur asin harus direbus dulu sampai matang!)

6. +kan 1-2 sdt kaldu bubuk maggi/kaldu bubuk ayam, campur semua aduk rata.

7. Masukin potongan2 ikan yg sudah digoreng tadi, aduk cepat semua sampai ikan terbalut telur asin.

8. Angkat & sajikan hangat.

Selamat menikmati.

Tips :

  • Gunakan telur asin dgn kuning telur yang bagus supaya kuning telur lembut dan berminyak bagus untuk masakan.
  • 1 Kuning Telur Asin untuk 1 fillet Ikan Dori. Jadi kalau pakenya 2 fillet, gunakan 2 kuning telur asin, dst..

Cheers,

Mullie Marlina

Resep : Ayam Tuturuga (khas Menado)

Supaya ga bosan masak masakan ayam yg itu2 lagi, kali ini aku cobain resep baru, masakan ayam khas Menado punya hehehe.. Cara masaknya gampang, prosesnya lumayan cepet dan hasilnya uenaaaak bngt! Apalagi buat kamu yg doyan pedes banget, kudu tambahin kadar cabe-nya biar makin mantap pedasnya! Resep ini bisa untuk 4 porsi, yuk kita intip bareng2.. 🙂

Cara Memasak :

1. Siapin ayam 1 ekor yang sudah dipotong2 jd 4 bagian atau 8 bagian kecil.

2. Aduk rata potongan ayam tadi dgn 2 sdm air jeruk nipis & 1 sdt garam. Diamkan dulu selama +/- 15 menit.

3. Siapin bumbu halus antara lain : cabe merah besar & cabe rawit merah (jumlah terserah, semakin bnyk semakin pedes), 5 siung bawang putih, 10 butir bawang merah, 2 cm jahe, 2 cm kunyit bakar, 7 butir kemiri sangrai dan 1 sdt garam ===> tumbuk sampai halus.

4. Kalau sudah, tumis bumbu halus dan +kan daun pandan 3 lembar sobek kasar + 4 batang kucai potong2 panjang + 5 lembar daun jeruk + 3 batang serai (ambil putihnya aja) digeprak dlu ===> tumis sampai wangi.

5. Tambahin ayam, aduk rata semuanya. Lalu +kan air 750ml, tutup wajan & masak sampai ayam empuk dan kuah jd kental.

6. Tambahin 2 butir telur kocok, aduk2 sampai telur berserabut. Masak semua sampai matang banget, kemudian sajikan.

7. Selamat menikmati.. 🙂

Cheers,

Mullie Marlina

Source : Kumpulan resep tabloid Femina