Waspada Darah Kental di Usia Muda


Kali ini aku secara khusus mencari berbagai informasi tentang cara mencegah atau mengobati yang sehubungan dengan penyakit darah kental ini, karena melihat begitu banyak efek samping berbahaya yang bisa timbul darinya. Baru ngeh, pantesan aku ini dari dulu sering banget sebentar2 pusing kepala, ternyata ini adalah salah satu gejala dari org2 yang mengalami kekentalan darah. Siigh.. :(

Buat kamu yang sering migrain juga kudu waspada, karena ini juga salah satu gejala awal dari sindrom darah kental.

Sindrom darah kental adalah serangkaian gejala yang muncul akibat kekentalan darah berlebihan. Akibat darah terlalu kental, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar. Pasokan oksigen ke sel-sel tubuh pun terhambat. Migrain adalah salah satu gejala karena pasokan oksigen ke otak tersendat.  Tidak banyak orang yang tahu atau waspada tentang efek berbahaya dari sindrom darah kental ini, padahal, sudah banyak korban stroke atau serangan jantung akibat darah kental.

Proses Bagaimana Darah menjadi Kental

Darah jadi kental karena kekurangan cairan darah atau trombosit (zat yang berperan dalam pembekuan darah) sehingga mudah lekat satu sama lain. Bila seseorang memiliki kolesterol tinggi atau punya kebiasaan merokok, darah yang sudah kental semakin susah mengalir. Kolesterol yang menempel di dinding pembuluh darah membuat penampang pembuluh darah menyempit. Adapun asap rokok akan merusak lapisan dinding pembuluh darah bagian dalam (endotel). Endotel ini turut mengaktifkan sistem pembekuan darah. Apabila endotel rusak, trombosit akan mudah melekat satu sama lain. Hambatan-hambatan dalam pembuluh darah ini dikenal sebagai trombosis. Trombosis bisa terjadi di seluruh pembuluh darah. Karena itu, dampaknya tergantung dari bagian pembuluh darah yang terhambat. Jika trombosis terjadi di pembuluh otak, akan terjadi stroke. Sementara itu, pada pembuluh jantung akan menyebabkan serangan jantung. (Iiiih, ngeri banget tuh efek bahaya dari darah kental ini, hiiiiy.. Dan kalau baca dari artikel ini, berarti kemungkinan faktor terbesar krn aku ini kolesterolnya tinggi, sesuai dengan hasil lab 2 tahun lalu! Hmmm, kayanya uda musti ke lab buat check up lagi nih, biar dpt hasil paling update.. Moga2 aja hasilnya kolesterol turun, dan tingkat kekentalan darah berkurang. Amin! )

Hasil survey dari banyaknya pasien yang melakukan check up pemeriksaan darah di Lab dan Rumah Sakit, diketahui ternyata banyak perempuan muda sekarang menderita kekentalan darah ini dan rata-rata usianya berkisar dari 18-45 tahun. Menurut Dr. Aru W Sudoyo, spesialis hematologi-onkologi (konsultan) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang biasa berpraktik di klinik hematologi RSCM & Medistra, pemicu pengentalan darah bisa dari gaya hidup yang tidak sehat dan stress tinggi. Ada juga dari faktor genetis alias keturunan, tapi ini jarang sekali terjadi. Dan hampir setiap hari selalu ada pasien baru yang didiagnosis darah kental di sana. Pasien biasanya datang dengan keluhan pusing, migrain, pandangan berputar (vertigo), telinga berdenging (terkadang tuli mendadak), serta penglihatan terganggu. Nah semua itu tadi adalah gangguan pembuluh darah akibat darah kental. Terjadi bukan cuma di perempuan, tapi bnyk juga terjadi di pria.

Cara Mencegah & Mengobati

Banyak orang yang bilang, untuk mengobati darah kental itu bisa dengan minum obat antikoagulan (antipenggumpalan) seumur hidup. Waksss!! Masa iya minum obat macam ini seumur hidup? Ngeriii kalii! Well, who knows.. Aku juga secara pribadi belum pernah sih konsultasi dengan dokter khusus yang menangani masalah darah kental ini, soalnya uda takut duluan hehe..

Kan penyebab bisa terjadinya darah kental sering kali karena pola makan yang salah (tinggi lemak,tidak variatif, tinggi gula), aktivitas fisik yang rendah hingga ke masalah lingkungan (polusi udara berperan penting). Nah, sebelum makan obat2an, lebih baik kita jaga pola makan dari sekarang, dan jangan terlalu stress dengan pekerjaan dll.. Me myself also need to do the same, kudu ngurangin makan seafood, kudu mengurangi makanan2 yang bersantan, gak boleh sering2 minum kopi, harus banyak olahraga, gak boleh stress, musti banyak minum air putih, dll.. wuaah macem2 deh pantangannya, buanyaaak yang kudu pantang! Hikss.. :(

Gambar Kemasan Obat Herbal Tien Chi

Kegunaan Obat Herbal Tien Chi

Update per Maret 2013 :

Dear teman2 yang juga mengalami hal yang sama, aku mau sharing info yang mungkin berguna. Aku kan takut sama obat dokter, makanya aku coba minum obat chinese yang namanya Tien Chi ini (bisa lihat pada gambar foto di atas ini). Aku minum rutin sesuai anjuran di petunjuk dalam kemasan dusnya. Dan setelah beberapa bulan, Puji Tuhan kondisi darah aku membaik dan sekarang sudah tidak kental lagi. Bukan promosi lho karena aku juga gak jualan obat itu, hanya sekedar sharing aja di sini. Jangan lupa, pola makan harus dijaga, jangan suka makan sembarangan, jangan suka minuman yg soda lagi, jangan suka makan goreng2an, dan lain sebagainya. Tetap semangat ya teman2, semoga cepat pulih…

God bless you all! :)

Source article : Kompas

About these ads

About Myfunfoodiary

Mullie Marlina is a founder of Myfunfoodiary. A Food & Travel Blogger. A blessed wife where she works together with her husband; Andy Pau. She loves to eat, has a big interest in Gadget, loves Dogs and Rabbits so much, love to make an itinerary for her trip & take pictures. Feel free to drop a comment or email to: admin@myfunfoodiary.com ^_^

Posted on September 14, 2011, in Inspirational + Stories and tagged , , , . Bookmark the permalink. 79 Comments.

  1. hey mama aku juga kayanya darah kentel deh sama banget kaya yang diceritain kamu disini.. terus sekarang keadaan kamu gimana? kamu udah berobat kemana dan minum apa aja? makasih banyak ya udah di share di blog kamu :)

    • Ohya? Mama skrg gmna? Klo aku pribadi blm ke dktr utk pengobatan, cm dulu aja dokter suru minum obat pengencer darah. Cm ngeri jg klo harus terus2an minum obat, jdnya pas obat dah abis, aku ga minum lagi. Skrg lebih ke jaga mknan, bnykin sayur2an, bnykin minum air putih & makan obat cina gtu yang katanya bgs buat melancarkan darah, namanya Tien Chi klo ga salah.. Moga2 bs bantu dgn cara gini, rencana nanti akhir tahun check up lagi ke lab.. :)

      Senang bs sharing disini, soalnya aku takut uda lihat bnyk org yg sbntr2 atau tiba2 stroke meskipun masi muda.. Ngeriii bo! >____<

      • “Pasien biasanya datang dengan keluhan pusing, migrain, pandangan berputar (vertigo), telinga berdenging (terkadang tuli mendadak), serta penglihatan terganggu.”

        itu gejala mama aku banget. itu yang dia rasain. pas ke lab cuma mau cek darah, darahnya susah diambil. huuuh :(

        lupa sih siapa yang nyaranin, tapi mamaku sekarang lagi coba minum kencur. ngefek ga ya?

        anyway makasih ya saran obatnya :)

  2. iya, mami km sama ky aku, klo ambil darah kudu nunggu lama bru bs penuhin tabungnya hiks.. :(

    waduuuh, minum kencur tah? apa bs ya? aku blm pnh denger sih. btw mami uda brp lama mang minum kencur itu? apa sudah melakukan check lab lagi stlhnya?

    u’re welcome ikit.. :)

  3. ass.wr.wb…..
    minta tolong and tooooloooonngggg yaaaaa…..
    brangkli sdh ada yg pernah…, berobat atw sembuh (mksdnya sdh gak ada gangguan lgi sprti diatas) bisa di sharing atw di informasikan yaaaaa….., skli lgi mohon……, brangkli jodoh buat saya…, bersyukur lagi klo obatnya herbal….. alhamdulillah buaaaanggeeeetttttt………………..,
    insyaallah dapat pahala dari yang maha kuasa…….., wassalam

  4. Mo konsul donk.. klo saya masalahnya pd saat setiap x donor darah, keluarnya darah agak lambat d bandingkn dg yg lain. Hal ini apakah d sebabkn oleh kekentalan darah dlm tubuh saya..??

    • Tekstur darah gmna? Biasanya klo org yg darah kental, darah keluar rada lambat & lebih cepet bekunya dibandingkan dgn org yg normal darahnya. Tp utk lebih pasti, sebaiknya periksa ke dokter yg ahli di bidang ini. Supaya hasilnya pun lbh pasti.

  5. truss gmna donk caranya buat ngilangin kepala pusing biar gk pusing mulu?

    • Hi Vina, sebaiknya mulai jaga pola makan dr sekarang. Perbanyak sayur2an, buah2an & air putih, kurangin daging2. Skrg kondisi darah kentalku sdh membaik, dan kepala yg tdnya suka pusing2 skrg sdh gak ada lagi… Dicoba ya Vin, alami & manjur. Ingat, jgn mkn yg berpengawet, jgn goreng2an & jangan minum yg bersoda2. Semoga ini membantu, gws ya.. :’)

      • Aku mau bagi2 pengalaman ttg darah kental,aku mengkonsumsi herbal drink ya namanya Gochi atau Goji yg dibikin dr buah goji yg adanya di Himalaya,rasanya enak,ckp 3 kali sehari a 10 cc dan bdn kt jd segar,krn minum Gochi pe meriksaan darahku yg dulunya butir2 dar ahnya lengket2 skrng gak lengket2 lg shg lancar membawa oxigen ke seluruh tubuh,maaf ya aku bukan agen jd anda bisa beli di toko obat krn lb murah d.p lwt agen…silahkan mencoba

      • Wah, terima kasih banyak ya atas informasinya. Iya, aku juga dgr dr bbrp teman ada yg konsumsi Goji itu jadi ada perbaikan. Skrg sih kadar kekentalan darahku juga sudah membaik, tidak sekental dulu, tapi aku minumnya obat herbal chinese gtu. Informasi ini bagus jg utk jadi referensi teman2 yg lain, makasih ya.. :)

  6. Siip,
    paham paham, tapi jumlah trombosit diatas normal juga penyebab kekentalan darah / polisitemia vera

  7. Thanks atas infonya.. Btw kalo mau tes kekentalan darah di lab, harus ke dokter atau bisa ke lab langsungnsih?misal langsung ke prodia gitu..

  8. Wah.. Bnyak juga y ternyata Ɣªήğ sdah menderita darah kental.
    Mohon infonya donk, aku baru tau ㎘o darah aku ternyata kental, itu bru 4hari yang lalu.
    Dan kondisi ak Șέĸα®άƞĝ sedang hamil 6bulan.
    Ada g obat mujarab yang bisa mempercepat darah kembali normal, tapi aman untuk ibu hamil. Atau makanan(sayur,buah)/minuman yang dianjurkan dan yang dilarang apa saja y.
    Aku masih awam bgt sma pnyakit ini. Mohon info’y banget y, trm kasih.

    • Aduh, mba lg hamil ya? Aku skrg darah sdh kembali normal, puji Tuhan krn aku sudah memperbaiki pola makan. Gak makan goreng2an, gak minum soda, kopi dikurangin banget, gak minum yg pengawet2, bnykin air putih deh mbak sama tiap hari bikin jus apel campur wortel, sesekali ganti dgn jus semangka, atau melon… Intinya, kembali ke makanan yg alami, jgn kbnykan makan yg beku2 atau minuman soda, dll yg dijual di supermarket… Smoga bs membantu ya… :)

  9. Belakangan ini saya sering mengalami pusing2, kleyengan, sperti hampir vertigo gitu, badan jg brasa ga enak gituu, leher sering pegal2, telinga jg berdengung ( tinnitus, may be yes may be no )…apakah ini merupakan gejala darah kental ya ?? Tp bbrp hari ke dpan saya ingin mengecek ke lab, spy lebih tepat dan akurat…mudah2an aja hasilnya baik

    • Hai Kevin, aku kurang tau apakah itu termasuk darah kental atau bukan, soalnya pd tiap orang gejalanya bisa beda2, tapi paling sering adalah ketika sering sakit kepala. Tp untuk lebih pastinya sebaiknya memang diperiksakan ke Lab, semoga hasilnya baik ya. Mungkin jg kamu kecapean, coba saja banyak beristirahat, jgn terlalu banyak pikiran dan perbanyak minum air putih. Jgn suka mkn junk food atau yang berpengawet seperti coca cola, atau minuman kemasan lainnya. Air putih paling baik deh… :)

      • Kalau yang kamu rasakan gejalanya bagaimana ??

      • kalau aku kepalanya sering pusing2, juga mudah cape. Pas iseng periksa ternyata memang ada pengentalan darah dan sejak saat itu ubah pola makan, kurangin gorengan, gak minum yg kemasan kecuali air putih… banyakin makan sayuran juga.. :)

      • Sama tuh dengan yg aku rasakan, sering pusing, dan mudah capek, dah sering minum obat pusing tp masih aja sering timbul rasa pusingnya…hebat kamu, salut, bs berbagi dengan org banyak, indahnya berbagi yaaa..thx ya..hug

      • Haduh, ga boleh deh minum obat terus2an. Tunggu saja hasilnya lab besok gimana, bawa ke dokter dan minta petunjuk dr dokter saja bagaimana baiknya ya.. Ubah pola makan juga bisa membantu hihihi… U’re welcome, Kevin. Hv a good day to you.. :)

  10. hai, salam kenal
    bersyukur bisa ketemu blog ini, soalnya beberapa jd tau banyak soal penyakit kekentalan darah.beberapa minggu yang lalu aku chek di lab dan ternyata aku kena hiperagregasi.itu sama nggk sih ama pengentalan darah?kalo gejalaku sih kurang lebih sama,suka pusing,gampang lelah,kram gitu.meskipun sudah berusaha memperbaiki pola makan,kayaknya mmg aku kurang gerak deh jd sekarang ditambahin olah raga :)
    oh ya aku ada pertanyaan neh,smoga ada yg mau berbagi dgn menjawabnya :).apakah pengentalan darah bisa sembuh (menjadi normal)?aku tanya dong obat china yg dipake atau herbal drink gochi itu namanya apa (merk)?terimakasih

    • Hallo, iya aku minum obat herbal china yang namanya TienChi Ginseng Tablet. Belinya di toko2 obat china gtu. Satu box harganya klo ga salah sekarang Rp. 100.000,- isinya ada 250 tablets, anjuran minumnya sih 3x sehari 2 tablet. Obat ini fungsinya untuk membantu memulihkan stamina tubuh dan melancarkan peredaran darah. Sejak rutin minum ini, darah aku ada perbaikan sudah tidak kental lagi… Jadi gak perlu minum2 obat dokter hehe… :)

    • Hallo..
      hanhunhani
      apakah sudah memeriksa darah nya lab… setelah mengikuti blog ini untuk herbal tienchi nya. Dan apakah sudah ada kemajuan. Atau sudah normoagregasi hasil lab nya.. moahon info ya…

  11. dear all,

    mo ikut sharing nih…kebetulan aku kena sindrom itu…awalnya bbrapa tahun lalu sering kesemutan sampe ga bisa jalan..trus sempet keluar bintik2 merah di kaki ky orang kena DB..trus kakiku bengkak dua2nya..ga bisa jalan..sakit banget ky ditusuk2…sempet periksa ke dokter umum, dokter gigi takut karena ada masalah digigi atau apalah…ke dokter kulit dikasi obat sempet sembuh, tp begitu ga minum obat kambuh lagi…waktu itu diagnosanya ada radang di pembuluh darah…trus disuruh tes lab, waktu itu ngga ngerti kalo tes untuk lupus..puji tuhan, negatif…trus disaranin ke dokter hematolog (ahli darah) yang notabene terkenal dan sudah senior..sama juga sih..kalo ga minum obat bisa kambuh lagi…trus sempet ngga cocok sama obatnya, aku kena maag dan full moon face… tersiksa setengah mati, ga bisa ngapa2in..sakit ky ditusuk-tusuk sampe badan juga sempet kaku-kaku…(ngga karuan deh pokoknya…) trus ganti cr dokter yg obatnya herbal..2 minggu minum jamu2an tetap tidak ada progress..

    sampai akhirnya aku dirujuk ke dokter hematolog lain….dan ternyata akhirnya setelah melalui proses yang panjang dan melelahkan lahir dan batin, ketauan kena sindrom ini…akhirnya dokter ambil langkah pertama, dimana selama 10 hari pertama aku disuntik pengencer darah…dikasi obat pengencer darah dimana dosis selalu dalam pengawasan, trus kontrol setiap bulan, sampai singkat cerita aku baekan…sampe skrg emang setiap hari harus minum aspirin, tp puji tuhan karena kondisi semakin baek, dokter nyuruh brenti minum obat pengencer darah…

    sindrom ini kata dokter bisa karena genetik ataupun mutasi gen..kbtulan aku kena karena mutasi gen..jadi istilah gampangnya itu, tubuh aku sendiri yg buat mutasi gen, mungkin dari faktor stress, kurang OR hingga akhirnya berdampak seperti itu…sindrom ini katanya sejenis lupus tapi bukan lupus…. gejalanya bisa macem2, sakit kepala, gampang keguguran, dll…kebetulan aku kena DVT (deep vena trombosis) yg nyerang ke kakiku…

    sempet strs, frustasi, down…tp untung ketemu dokter terakhir yang berhasil ngobati aku, meski sampe saat ini aku tetep harus jaga kondisi…tapi dari situ, aku belajar banyak hal, tuhan membawa kita ke satu titik terendah dalam hidup agar kita bisa belajar betapa kecilnya kita manusia dan kita bisa mengetahui siapa saja orang-orang yang tetap support kita disaat-saat itu..

    buat sesama penderita sindrom darah kental..tetap semangat…gbu all (/”)/

    • Wah terima kasih banyak mbak Fendree atas sharingnya, puji Tuhan sekarang kondisi mbak sudah membaik ya… :)
      Aku ga berani ke dokter hematologi karena sudah tau pasti akan dikasih minum obat pengencer darah which is tidak baik juga untuk kesehatan.
      Makanya aku minum obat herbal chinese aja yang namanya Tien Chi itu… Bukan promosi sih tapi puji Tuhan kondisi darah sudah tidak kental lagi seperti dulu.

      Buat teman2 lain yang sedang terkena sindrom darah kental ini, ada baiknya diperiksakan ke dokter seperti langkah yg sudah mbak Fendree lakukan.
      Karena, pengobatan untuk orang yang satu dengan pasien lain, bisa jadi berbeda… Ayo tetap semangat ya! Gbu too mbak Fendree.. :)

    • Mba fendree, boleh tahu siapa nama dokternya dan praktek dimana ya? Tks b4….

      • Saya posisi di sby menggunakan jasa dokter hematologi di rs onkologi… namanya dr. Ami Ashariati, S. Pd, KHOM… skrf kayanya sdh professor… soalnya kok para perawatnua sering manggil prof heheheh.. orangnya baek… asal kt mo percaya n nurut sama beliau…smga bermanfaat….

      • Terima kasih mbak Fen sudah berbagi informasi, ada perkembangan kah dengan kondisi yang kamu alami?

  12. Hallo.. Semuanya, especially utk yang punya blog ini : Mu Fun Food Diary :)
    aku sepertinya juga kena sindrom kekentalan darah..
    aku sering banget kram sebelah kiri terutama – dan sekarang intensitasnya malah semakin tinggi dan merembet ke yang lain2 : jantung sering berdebar2, pusing, mual dan yang paling parah aku slalu sesak nafas tiba2.. :’(
    aku pengen ke dokter tapi takut banget denger vonisnya..
    oya, Papaku juga kena kekentalan darah ini – dan karena terlambat ditangani, imbasnya Beliau kena sakit jantung dan sempat “meninggal” beberapa menit.. Puji Tuhan, Tuhan masih kesempatan orang yang paling aku sayangi tersebut hidup.. Ternyata jaman muda (umur 40an) Papaku udah tau kalo dia kekentalan darah, cuma karena ga terlalu peduli, dibiarin aja, ternyata imbasnya pas dia di akhir umur 50an (mau 60th), dia kena jantung. Sempat pasang ring,dll.. Puji Tuhan sekarang Papaku g minum obat jantung lagi, tapi minum obat pengencer darah setiap hari & setiap 1 bulan atau lebih darahnya diambil di rumah sakit..
    Jadi utk temen2 yang sudah positif, jangan disepelekan yah..
    Aku sendiri masih g tau nih.. :’( bingung dan takut juga..
    aku ada sinusitis dan itu genetis menurun dari Papaku (tulang hidung bengkok sama seperti Papaku yang juga sinusitis).. Apa kekentalan darah itu juga kena ke aku yah?
    Karna aku baca beberapa artikel, memang ada jenis kekentalan darah yang menurun.. :’(
    Semakin parah tapi ya itu tadi, aku belum kuat mental utk ke dokter :’(

    • Wah, terima kasih banyak ya little lily untuk sharingnya disini… Puji Tuhan kondisi papa kamu membaik ya meskipun harus minum obat pengencer darah setiap hari. Setuju sih, masalah kekentalan darah gak boleh disepelekan krn banyak efek samping yang bisa ditimbulkan dari darah kental ini. Aku sendiri paling takut kalau tiba2 stroke, duh duh.. duh… makanya pas uda ketauan darahnya kental, buru2 deh ngubah pola makan dan pola hidup jadi lebih sehat lagi hihi…

      Ada yang bilang sih darah kental mmg bisa menurun juga. Sinus juga bs juga turunan. Untuk mencegah darah kental semakin berlanjut, ada baiknya kamu ganti pola makan ke yg lebih sehat, jgn suka minum yg bersoda, atau kemanisan atau minuman yang kemasan, banyakin air putih dan jus buah fresh aja… Sama rutin olahraga bs membantu.. Eh tapi ga ada salahnya juga periksa ke dokter utk mengetahui seberapa kental darah kamu dan bs dgr advice juga kan dari dokter utk mengatasinya..
      Semoga bisa cepet pulih ya, Gbu! :)

  13. Hebat yg bkin blog ini ,siip,…sy jg ngidap ke2ntalan darah dah hampir 1 thn,tp msh kontrol k dr spesialis peny.dlm,blm pernah berani k hematolog,tp bln ini insya allah sy b’ranikan diri k hematolog,slama ini sy konsumsi aspilet 2hr/1 tab,sitrom 1-1-1-4 tp msh te2 p tggi,mksih info2nya u obat cina tsb,dpt beli dmn y?

  14. aduh…
    hari ini aku baru periksa darah dan hasilnya Hiperagregasi trombosit, kolesterol dan trigliseda tinggi (masuk high risk)..

    masih gak tahu mau ngapain.. bingung..
    dah baca info-info diatas, gejala memang sering sakit kepala (tepatnya lebih sering leher kaku dan akhirnya sakit kepala) trus ini periksa darah karena ke dokter syaraf..
    tapi info diatas ke hematolog ya (hematolog apa?)

  15. yo…

    mw share pengalaman nih….. gara2 kena penyakit maag (gara2 telat makan), jadinya saya ke dokter.

    pas d periksa darah ternyata testi darahku 150…. (kebanyakan makan yang berminyak :( )

    terus pas bulan lalu, ikutan donor darah dari PMI, saya ga diperbolehkan ikut karena darah saya kental…..

    pantesan saya sering pusing….. (lagi nulis ini comment juga rada pusing2 :p)

    terus kata dokter, minum jus sayur biar membantu darahnya ga kental. Ini resepnya:

    1. paria hijau,
    2. seledri
    3. paprika hijau
    4. apel hjiau
    5. mentimun hijau / mentimum jepang

    semuanya d blender dengan setiap porsi sama, misal paria setengah, paprikanya setengah juga, dst

    terus diminum tanpa GULA….

    saya juga baru hari minum jus sayur seperti di atas, Ntar 2 minggu lagi ke dokter lagi buat check up…..

    ntar saya kabarin lagi gmn hasilnya….. ;)

  16. Dear all, aku juga baru teslab minggu kemaren dan positif hiperagregasi , kolesterol normal. Gejalanya vertigo selama beberapa hari, dulu sering sakit kepala tapi g aku peduliin. Aku dikasih obat pengencer darah sama Dokter sebulan dan bulan depan (Juli) teslab ulang untuk ngecek perkembangannya. Apku posisi di Jakarta, ada yg tau g Dokter Hematolog yg bagus dsini??? dan kl misal mau beli obat China itu dimana yak???
    Makasih all :)

    • Halo Mbak Eva, untuk obat Cina itu gampang, banyak dan bisa dibeli di banyak toko obat seperti di Glodok, atau di toko obat sebelahnya supermarket Rejeki yang ada di Hayam Wuruk (seberangnya Duta Merlin) itu lumayan komplit jual banyak obat China harga juga gak mahal di sana. Kalo dokter Hematolog yang aku sering denger itu, Dokter Karmel di RS PGI Cikini, banyak yang pergi ke sana tapi aku pribadi belum konsultasi ke prof Dr. Karmel tersebut..

  17. Trimakasih, info yg sangat bermanfaat, betul gejala yg sama sering migren, 3 hour yg lalu hasil cek lab ku juga ada pengentalan darah, saya mau coba obat yg di infokan..tks

  18. Hematologi itu spesialis ato ahli darah… kebetulan aku dihandle oleh salah 1 dktr hemotolog onkomedik yg berpraktek do rs onkologi surabaya….

    Ada baiknya sblm terlambat mending periksa dan tau lbh awal…

    Health is not everything but without health everything is nothing…

  19. Hallo, senang bgt bs bc blog ini…
    Sy jg udh 2 thn inj diblg ada kemungkinan darah kental, hal ini dilihat krn wkt cek lab, eritrosit sy di atas normal..
    Yg sy mau tny, tmn2 dinyatakan darah kental krn apa? Cek labnya itu cek apa ya? Sy cm cek yg biasa aja..
    Semlm sy br aja fek ke dokter hematologi di rs pgi cikini, jkt. Dokternya namanya Prof. Karmel.. dokternya pintar, mungkin bs bnt yg di jkt, sy jg br cb berobt je beliau..
    Donor darah jg bs membantu ya?
    Saling mendoakan ya.. gws all,. Gbu..

    • Hai Juan, terima kasih ya sudah berbagi informasi di sini.. Iya, aku tau Dokter Karmel. Namanya sudah terkenal dia ahli di bidang darah ini.
      Aku taunya darah kental justru saat pemeriksaan ke dokter kandungan disuruh test darah. Memang saat mengambil darah itu, darah aku susah mengalir, hampir 1/2 jam baru tabung sample darah bisa terisi penuh itupun kental sekali, terlihat dari saat kita membolak balik darah yg ada di tabung tsb. Oya dengar2 menjadi donor darah bisa membantu tapi aku gak berani, karena darahku kan gak bagus, jadi gak berani jadi donor darah kasian penerima donor nantinya.. ^^p

    • hai juan, waktu aku cek lab nama pemeriksaannya Agregasi Thrombocyt..
      itu ada di bagian Hematologi kok…
      tapi harus puasa dulu 10 jam sebelum pemeriksaan.. puasa makan tapi ttp bole minum air putih kok..
      semoga berguna yak…

  20. istri saya tu sering kepalanya sakit dan dia selalu minum obat sakit kepala spt paramex ketergantungan obat jadinya apakah istri saya tu darahnya mengental.mohon pencerahannya.

    • Untuk mengetahui kondisi darah kental, biasanya hrs lakukan pemeriksaan dulu.. Atau jika baru2 ini pernah melakukan tes lab pengambilan darah, langsung dilihat saja kondisi darahnya kental atau tidak biasanya ketauan dari sana… Juga biasanya jika saat pengambilan darah, darah susah sekali keluar atau menetesnya, lebih lama dibanding org normal, maka kemungkinan besar ada indikasi terkena darah kental..

      • Dear all…

        Mo share sedikit.. sy saat ini sedang hamil +- 6 mggu… dan krna darah kental ini saya dibawah pengawasan 2 dktr yaitu obygn yg direferensikan oleh hematolog yg menangani saya…:)

        Puji tuhan akhirnya hamil menjelang 1st wedd anniv hehe..

        Tapi sedihnya hrs ttp disuntik pengencer drh agar asupan makanan bisa sampe ke janin. Dr awal tau hamil smpe skrg masih disuntik 1 hari 1x.. entah sampe 9 bulan kah atau berharap aja dosisnya bisa diperkecil hehe..

        apapun yg tjdi saya mencoba utk melewati smua ini meski strs dan was-was selalu ada.. tp kami serahkan semua sama yg di atas dan berdoa semoga janinnya sehat selalu karena kami paham risiko keguguran bagi seorang pengidap darah kental cukup besar…

        Sekian dulu sharing saya semoga bermanfaat dan tetap semangat /(**,)/

        God bless…

      • hallo mbak Fendree, wah congrats yaaaaa sekarang sudah hamil ya… Ayo tetap jaga kondisi badan dan jaga asupan makanan ya selama hamil..
        Aku juga ada teman yang mengalami kejadian seperti ini, harus rutin disuntik pengenceran darah.. Mudah2an mbak Fendree gak perlu suntik terus2an ya..
        Semangat dan tenkiuu ya sudah sharing juga disini.. :)

  21. hai my fun food diary,,, makasih sdh dishare tentang sindrom darah kental di blog ini
    saya senang saat tahu klo saya gak sendirian,
    usiaku 36 thn saat ini, dan saya baru tahu kena darah kental bbrp hari ini

    saya ada berobat di prof djumhana ahli hematolog, awalnya sy pikir anemia krn tensi sy rendah. minum obat tambah darah rutin, tau2nya pas sy disuruh ambil darah (sampe 8 botol) sy kena darah kental. sedih jg sih, kok bs kena. tp sy bertekad ingin tahu dan mau usaha mengenal dia (si darah kental).
    jujur saja sy sering pusing, susah berkonsentrasi, gak bs lihat keramaian, gejala spt vertigo.
    beneran gak enak,,,mau apa2 susah. Tapi saat sy baca blog ini dan melihat teman2 ada yg gejalanya berkurang, bahkan sembuh sy senang sekali. Asalkan kita bs kenal dan menekan pencetusnya berarti kita bs berdamai dgn dia.

    Diatas semua itu …semua krn Tuhan yang campur tgn. kita semua pasti pulih. amiin.

  22. Mba, mau tanya, beli obat itu dimana? Aku jg ada masalah pengentalan darah. Makasih

  23. Kebetulan anak saya juga darahnya kental….dari sharing di google dapat resep murah meriah dan efektiv untuk mengencerkan darah. yaitu dengan mengonsumsi jamur kuping .bisa dimasak sayur atau biki keripik . tapi kalo untuk memudahkan dan biar gampang caranya beli jamur kuping kering di supermarket dalam jumlah banyak trus di giling …masukkan toples minum satu sendok masukkan gelas tambah air panas ..minum pagi dan malam . mengenai khasiat jamur kuping untuk mengencerkan darah silahkan serch di google.

  24. oh ya ada juga obat cina khusus untuk mengencerkan darah namanya LU XI WANG atau BUCANG NAO XINTONG ..harganya sekitar 60 sd 100 rb.

  25. Buyung. 10 dec 2013.

    saya juga terkena heyperagregasi. Atau kekentalan darah.
    dan saya sdh cek ke dr. Specialis penyakit dalam. Dan sedang dlm pengobatan. Atau terapi minum obat dr. Yaitu clopydogrel. Satu hari pil. Selama satu bulan. Dan bulan jan 2014. Saya harus cek lab kembali. Dan tidak lupa saya juga ada terapy minum herbal tenchi.
    mudah2an bulan depan setelah hasil lab ada perubahan. Sek3dar sering saja. Untuk temen2 bloger ini.

    • terima kasih banyak sharingnya.. semoga ada kemajuan ya, tetap semangat! :)

    • Pas 1 bulan sejak bulan dec 2013. Waktu itu aku di nyatakan hiperagregasi. Dan bulan jan 2014. Aku lab ulang ternyata hasil nya normoagregasi. Puji Tuhan sudah normal kembali. Yang penting pola makan yang sehat banyak makan sayuran. Buah. Banyak minum air putih. Serta ikut nasihat doktet internis untuk obat yg di berikan selama 1 bulan untuk hiperagregasi nya pasti sembuh.
      setelah itu jalanin hidup sehat. Olahraga juga. Sekadar sherring saja.
      terima kasih my fun food diary dan Mulliechen. Atas info info kesehatan nya.

  26. wah luar biasa nie tmn2 smua, saya sudah baca hampir semua saran dan masukan serta pengalamannya mengenai kekentalan darah yang atau lebih jelasnya Trombosit yang berlebihan..
    saya juga baru-baru ini d vonis dokter adanya trombisot berlebihan setelah hasil diagnosa dan tes lab, dan ini saya masih proses penyembuhan dengan chek up rutin dan nurutin semua saran dokter, di samping itu saya juga terkena Dehidrasi ringan,. makasih teman2 atas saran dan masukan diatas, saya jadi makin waspada dalam mengkonsumsi makanan yang tadinya hampir semua menu makanan saya yang justru bertentangan dengan kekentalan darah.

    I have to thanks for all of u guys.. :)

    • semoga ada kemajuan ya… tetap rutin jaga makanan dan rutin minum air putih sebanyak2nya aja.. jangan minum2an soda2 lagi, jgn kebanyakan teh dan kopi, karena dengan mengurangi ini akan sangat membantu agar darah tidak kental.. :)

  27. sy br bc hsl testlab agregasi thrombosit , yg adl hiperagregasi. Umur sy 43thn. Sy udh bc sharing temens. Smoga bermanfaat jg buat sy. Ntar mlm rencananya jg mau konsul ke dokter umum langganan. Thx buat smua sarannya. Gbu all

  28. temen2, aku juga mau share dong…
    2 minggu yg lalu aku baru cek lab, hasilnya aku kena hiperagregasi alias pengentalan darah..
    agak kaget jg sih tapi kalo di pikir2, tu jg krn pola hidupku yg ga sehat jg..
    tapi dokternya ngasi saran yg gampang bgt..
    minum air putih tiap bangun pagi minimal 300 ml.. ya segelas aqua kecil tu..
    trus aku dikasi obat yg namanya ASPILET 80mg, minumnya 1 kali aja sehari..
    obatnya murah kok, sekitar 20rban..
    2minggu kemudian aku cek lab lagi, dan Puji Tuhan dah turun jd normoagregasi…
    jd, buat temen2 yg ngalamin hal yg sama dgn aku, jgn lsg panik…yg pnting ada kemauan buat berubah.. jgn lupa SANGAT2 PERBANYAK MINUM AIR PUTIH…
    buat mulliechan, thanks ya udah bagi2 infonya…
    semoga apa yg aku bagiin jg berguna..

  29. Pas 1 bulan sejak bulan dec 2013. Waktu itu aku di nyatakan hiperagregasi. Dan bulan jan 2014. Aku lab ulang ternyata hasil nya normoagregasi. Puji Tuhan sudah normal kembali. Yang penting pola makan yang sehat banyak makan sayuran. Buah. Banyak minum air putih. Serta ikut nasihat doktet internis untuk obat yg di berikan selama 1 bulan untuk hiperagregasi nya pasti sembuh.
    setelah itu jalanin hidup sehat. Olahraga juga. Sekadar sherring saja.
    terima kasih my fun food diary dan Mulliechen. Atas info info kesehatan nya.

    • Cepat juga sembuhnya ya, good to hear then… Turut senang bisa saling sharing dan membantu teman2 yg mengalami hal serupa.. Setuju! Mari hidup sehat! :)

      • Haiii my fun food
        kenapa beberapa bulan ini kok sepi ya….
        bagaiman para bloger sudah ada yang sembuh dari daah kental atau ada perubahan. ..bagi ku sudah ada kemajuan ya mudah mudahan… untuk mulliechen ap sudah ada perubahan yang siknifikan untuk hiperagregasi trombosis nya… kabar kabari ya..

  30. Kalo saya sering migrain + kleyengan tapi ϑi tensi darah’y normal,Äρђªáª itu termsuk darah kental

    • Halo
      maulana.. lebih baik di periksa ke dokter spesialis penyakit dalam
      atau minta di lab saja darah nya biar ketahuan. ..ada pengentalan atau tidak.

  31. Saya juga darah kental, tp setelah minum air putih yg banyak, olah raga, minum jus tiap hari + sayuur banyak…Puji Tuhan sdh Tidak pusing2 lg…ini lg mau konsul ke dokter

  32. hi Buyung, alhamdulilah dong kalo sdh normal semua…aku sdh masuk 2thn nih terapi ama prof karmel cikini, masih konsumsi simarc dan clapidogrel, awalnya ketauan d dimer tinggi sampe 2000an , dan ada aca juga , ada case keguguran juga, cuma kdg aku masih bingung ama sayutan yg dilarang dan siperbolehkan, tolong share dong yg nisa kasih info…soalnya aku doyan bgt makan sayuran tiap malam sprti lectuce, alpukat dll.. oya kemaren malam br konsul inrku 1,6 , bulan lalu 1,7 bagus ngak?

    • Hi juga Itha
      Kalau Ddimer saya kurang tahu ya… yang kalau pemeriksaan lab untuk hiperagregasi trombosis atau yang di sebut darah gampang pembekuan nya itu kalau di lab. Di sebut. TAT. Serta tes darah lemK yang lengkap. Kalau hasil nya tinggi semua. Ya harus minum pengencer darah. Salah satu nya clopidogrel itu. Tapi kalU ada Aca itu biasa nya menyangkut ke kehamilan. .Pada wanita yang mau hamil.
      Kalau aku hiperagregasi. Memang harus perbanyak makan sayur yang hijau2 serta minum air putih yang banyak. Buah semangka. Melon..aku tiap hari makN sayur kailan. Brokoli hijau. Sawit pufih. Sawit manis. Dll.

  33. Hi, semua…tolong infonya ya… sy lagi khawatir dengan kondisi kesehatan ayah saya. 5bln yg lalu beliau di diagnosa polisitemia ruba vera, sy sblmx blm pernah mndgr ttg penyakit ini. Penyakit ini diakibatkan oleh produksi darah yg berlebih sehingga hb, leukosit, serta trombositnya meningkat diatas normal. Awalnya gejala yg diderita adalah vertigo, kadang2 mual, berat badan menurun, dan tidak nafsu makan. Hingga saat ini ayah sy masi konsul ke dokter hemologi. Oleh dokter ayah sy diberi obat hydrea, saat ini kondisinya masi blm stabil, hb nya sdh turun tp trombositnya malah naik. Kl ada yg berpengalaman dengan kelainan darah ini, tolong infonya ya…
    Ooo iya, apa beda hiperagregasi dengan polisitemia?? Trims sblmnya…

    • Dear all…

      Menyambung dr sharing2 sebelumnya… puji tuhan saya sudah melahirkan awal mei kemarin.. babynya juga sehat2.. semoga sehat2 trus.. amin :)

      Bener2 mengucap syukur kpda tuhan krna semua proses dr hamil sampe melahirkan dan pemulihannya lancar semua… ini hasil nyata dr treatment yg saya jalani sejak tahun 2010…

      Satu hal yg bisa saya share… semangat buat para penderita darah kental.. asal kt ditangani dengan tepat maka akan terasa hasilnya… Gbu all.. ;)

  34. Dear all
    saya juga mau sharing pengalaman, terutama bagi teman-teman disini yang mempunyai pengalaman kekentalan darah berkaitan dg kehamilan. Karena dokter kandungan saya blm lama ini menyatakan saya mengidap kekentalan darah.

    Ceritanya 5 bulan setelah nikah saya dinyatakan positif hamil, Alhamdulillah rasanya bahagia luar biasa sekali. Tapi memasuki usia 10 minggu saya mulai flek dan divonis janin tdk berkembang hingga akhirnya keguguran. Setelah itu dokter rekomendasi utk cek lab torch dan gula darah ternyata hasil normal shg diperbolehkan hamil kembali tnp terapi apapun.

    Setelah kejadian itu saya ckp lama menunggu kehamilan, 9 bln kemudian saya baru positif hamil lg. Namun lagi-lagi janin tdk berkembang dan keguguran di usia kandungan menjelang 10 minggu. Dokter merekomendasikan utk test aca, antikoagulan, dll yg berkaitan dg sindrom kekentalan darah. Padahal kehamilan kedua ini, saat tau positif saya sudah minta dokter utk cek darah lengkap namun dokter merasa tdk perlu krn dianggap janin baik2 saja meskipun saya ada riwayat keguguran :( Memang setiap kali hamil, dari awal kehamilan keluhan saya selalu migrain, mudah kesemutan, dan telinga kadang berdenging. Sangat disesalkan setelah 2x keguguran sindrom ini baru dicurigai mengendap di tubuh saya :( . Sabtu ini baru akan dipastikan apa saya memang mengidap kekentalan darah atau tdk.

    Yang ingin saya tanyakan utk teman-teman disini yg mungkin punya pengalaman dan pengetahuan lebih, apakah kekentalan darah yg menyerang ibu hamil ini hanya terjadi saat hamil atau memang sblmnya sudah mengidap sindrom ini? Dan apakah kekentalan darah juga menjadi faktor penyebab sulit hamil lg? Brp lama wkt yg diperlukan utk terapi sblm berencana hamil lg?

    Terimakasih atas share nya ya teman-teman :)

  35. Dengan donor darah apa bisa mengurangi kekentalan darah? ada rencana donor darah,kata dokter donor darah sangat baik untuk kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,015 other followers

%d bloggers like this: